Main Menu
Home
TK RICCI 1
TK RICCI 2
SD RICCI 1
SD RICCI 2
SMP RICCI 1
SMP RICCI 2
SMA RICCI 1
SMA RICCI 2
ARTIKEL
RUANG OPSDIK
RENUNGAN
Poling
Bagaimana pendapat anda tentang website Sekolah Ricci ?
 
Login Form





Lost Password?
No account yet? Register
Who's Online
We have 3 members online
Home
Fokus Kita
Written by Administrator   
Thursday, 30 January 2014

 Image 

“Selamat Jalan , Pak Paulus”

Paulus  Nandyanto atau biasa disapa Pak Paulus telah dipanggil Tuhan saat dalam perawatan di Rumah Sakit Harapan Kita, Selasa (29/4), sekitar pk 10.00 WIB. Pada hari itu juga, sekitar pk 11.00 WIB, untuk menghantar kepergiannya, keluarga besar  SMPK RICCI I  mengadakan doa bersama di halaman sekolah.  Doa bersama dipimpin oleh Suster Agnesa. Pada malam harinya, di rumah duka rumah sakit Harapan Kita, tempat jenazah disemayamkan, diselenggarakan Misa Requiem. Misa dipersembahkan oleh Pastor  Suhud Budi SX dengan dihadiri sekitar empat ratus umat. Misa berjalan khidmat dengan lantunan lagu – lagu gereja oleh kelompok paduan sura pimpinan Paulus Chandra, mantan murid Sekolah Ricci.  Selain anggota keluarga ,umat yang hadir adalah para guru, murid,  mantan murid,  mantan guru sekolah Ricci, serta para orang tua murid. Usai Misa Requiem , di dekat peti jenazah, sekitar tiga puluh  murid SMA Ricci menyanyikan dua buah lagu kesukaan Pak Paulus yaitu Lilin-Lilin Kecil dan Sabda Alam yang dipopulerkan oleh Chryse pada tahun 80-an.

Rabu (30/4), pk. 09.30 WIB ,  diadakan upacara tutup peti. Upacara diawali dengan Misa Kudus  dipersembahkan oleh Pastor  Germano Framarin SX dan Pastor Wirasmohadi Soerjo PR ,Vikjen Keuskupan Bandung. Dalam khotbahnya, Pastor Germano, begitu biasa disapa,  mengajak seluruh umat yang hadir untuk tidak terlalu larut dalam kesedihan. Lebih lanjut Pastor Germano meyakinkan bahwa Pak Paulus hanya memasuki kehidupan yang  baru, yaitu kehidupan kekal bersama Bapa di Surga. Usai misa , sebelum tutup peti, anggota keluarga dan seluruh umat yang hadir dipersilakan memberi penghormatan terakhir pada jenazah Pak Paulus. Kepedihan  sangat terasa pada semua pelayat yang hadir. Linangan airmata membasahi pipi para sanak saudara , terutama Theresia Arnie Astuti (istri) dan Gregorius A. Panduwicaksana (anak).  Pada sekitar pukul dua belas siang peti jenazah diantar dengan  mobil ambulans, diiringi oleh sembilan bus pelayat menuju Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Bintaro. Terik panas matahari yang sangat menyengat tidak menyurutkan semangat para pelayat untuk mengikuti upacara pemakaman hingga selesai pada pk. 14.00 WIB.

Pak Paulus lahir di Purwokerto pada 30 Maret 1965 sebagai anak ke sepuluh dari sepuluh bersaudara. Setelah menamatkan pendidikan di Sekolah Tinggi Kataketik di Yogyakarta dan Universitas Atma Jaya Jakarta pada tahun 1995 Pak Paulus bergabung menjadi anggota Keluarga Besar Sekolah Ricci sebagai guru seni musik di SMA Ricci I Jakarta. Pada tahun 2005 Pak Paulus mulai berkarya di SMP Ricci I sebagai guru agama dan seni musik. Pak Paulus adalah sosok yang selalu bersemangat dan  humoris, sangat antusias bila diajak bercanda. Suara tawanya khas , memenuhi ruangan, seperti yang diceritakan oleh Pastor Wirasmohadi, teman Pak Paulus ketika masih remaja bersekolah di Seminari Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah.

Kepergiannya sangat cepat. Sekitar awal bulan April Pak Paulus menjalani perawatan pasca- operasi cidera kaki di rumah sakit Harapan Kita. Kondisi badannya semakin melemah dan sempat diberikan sakramen pengurapan untuk orang sakit. Salah seorang anggota keluarganya menceritakan bahwa, menurut informasi dokter, Pak Paulus mengalami penggumpalan darah di pembuluh vena  (venous thromboembolism) atau VTE. VTE bisa terjadi pada emboli paru yang disebut dengan pulmonary embolism/PE. PE memiliki gejala tiba-tiba tidak dapat bernapas, batuk darah, nyeri dada, atau pingsan. Ini dapat berakibat fatal, kematian.

Selamat jalan , Pak Paulus, senyum dan tawamu senantiasa menyemangatiku. (Hapsoro)

 


 

Image

MIND-MAPPING

MEMORY CHAMPION

SPEED & RANGE READING

Sadar tentang kenyataan bahwa arus informasi di dunia nyata maupun maya begitu masiv dan kebutuhan untuk mampu menyerap informasi dengan mengelola potensi otak sangat mendesak maka Yayasan Ricci berusaha sekuat tenaga meningkatkan potensi para guru dan siswa dengan pembekalan yang dibimbing langsung oleh pakarnya yaitu Sutanto Windura, Buzan-Licensed Instructor. Materi pembekalan adalah Mind-Map, Memory Champion, dan Speed & Range Reading.

Mind-Map adalah sebuah cara untuk memetakan macam-macam informasi tentang suatu hal yang menjadi ide sentral agar lebih mudah diingat atau dipahami. Memory Champion adalah teknik mengingat angka, kata, definisi, rumus, dsb. Sedangkan Speed & Range Reading adalah teknik membaca cepat dengan tingkat pemahaman yang tinggi.

Tujuan akhir dari semua pelatihan ini adalah agar para guru dapat meningkatkan kemampuan otak siswa dengan metode pembelajaran berbasis otak. Diharapkan para guru paham akan kerja otak sehingga dapat merancang dan menampilkan suatu pembelajaran yang menarik, mudah, nyaman, dan cepat dipahami. Dengan demikian siswa akan lebih berkonsentrasi, lebih nyaman dan senang belajar, beban belajar jadi berkurang tapi tahu lebih banyak, dan mudah mengingat.

Workshop manajemen otak ini diseselenggrakan pada tanggal 7&8 Februari 2014 untuk Mind-Map dan Memory Champion dan tanggal 15 Maret 2014 untuk Speed & Range Reading. Tanggal 21 dan 24 Maret Speed & Range Reading khusus untuk siswa. Diharapkan hal ini akan menjadi salah satu poin keunggulan Ricci di antara keunggulan-keunggulan yang lain. Proficiat!

 

 

Last Updated ( Sunday, 11 May 2014 )
Read more...
 
Sekilas Info
INFO PENDAFTARAN -

Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun 2014-2015 masih dibuka.

RICCI I - hubungi 021-6392495

RICCI II - hubungi 021-7355891

  •  

 




Get This? Newsflash Scroller PRO for Mambo 4.5.1, © 2004 webraydian.com
Calendar
Visitors Counter
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday446
mod_vvisit_counterYesterday384
mod_vvisit_counterThis week1567
mod_vvisit_counterThis month446
mod_vvisit_counterAll345030