Main Menu
Home
TK RICCI 1
TK RICCI 2
SD RICCI 1
SD RICCI 2
SMP RICCI 1
SMP RICCI 2
SMA RICCI 1
SMA RICCI 2
ARTIKEL
RUANG OPSDIK
RENUNGAN
Home arrow SMA RICCI 2 arrow Pelayanan
Pelayanan SMA Ricci 2 PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Tuesday, 06 October 2009

 PELAYANAN BK


Image    

Y. Budiarso

KEADAAN DEWASA INI

Gerakan Layanan Bimbingan dan Konseling  di Indonesia sebenarnya telah di mulai sekitar tahun 1960. Munculnya gerakan itu karena inspirasi dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan  waktu itu dimana para dosen muda pada Institut Keguruan  dan Ilmu Pendidikan  belajar pada pendidikan guru di Amerika Serikat. Melalui pertemuan dengan para Kepala sekolah, ide-ide pokok bimbingan dan Konseling tersebut disosialisasikan.

Situasi dewasa ini mulai dan sedang memperlihatkan suatu proses kemajuan  yang baik, meskipun di dalam perjalanannya peranan  layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah  mengalami jatuh bangun  guna menemukan landasan berpijak format yang sesuai di sekolah.   Proses kemajuan  yang  terjadi didukung dengan dibukanya  Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan jurusan Bimbingan Konseling dan Fakultas Psikologi  dengan arah Kepeminatan  pada Psikologi Pendidikan.

Bimbingan dan Konseling dianggap suatu yang mutlak penting  karena  ensensi pelayanannya mampu membantu perkembangan optimal bagi setiap individu  dan  kelompok dengan kemampuannya. Kadang tidak dapat disangkal  arah Bimbingan dan Konseling dipengaruhi oleh perubahan sistem pendidikan di Negara kita yang belum menemukan suatu jati dirinya baik itu sistem maupun  dengan kurikulum pendidikan yang khusus. Arah Sistem pendidikan tradisional masih berlaku bersanding dengan mengadopsi sistem pendidikan Luar Negeri yang belum tentu cocok  bagi Negara kita.

BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA RICCI II

Layanan Bimbingan dan Konseling merupakan bagian integral dari satu kompenen pendidikan sekolah yang tidak dapat dipisahkan dalam memberikan andil bagi keberhasilan peserta didik. Sebagai suatu layanan  profesional  kegiatan layanan BK tidak dapat dilakukan sembarangan namun bagi mereka yang melakukan tentu harus memahami kaidah dan landasan  kode etik  profesi. Dengan berpijak pada landasan yang kuat membuat kami yakin dalam menjalankan tugas pelayanan Bimbingan yang dapat dipertanggungjawabkan sehingga mampu memberikan manfaat  bagi kehidupan  peserta didik.

Beberapa kekeliruan dan  kesalahkaprahan tentang peran Konselor masih kadang kami temukan bahwa Konselor dipersepsikan sebagai orang yang menangani masalah. Jadi mereka yang dipanggil atau datang ke ruangan BK adalah  mereka yang  memiliki masalah dan ingin menyelesaikan masalah. Pandangan lain juga adalah bahwa konselor  dianggap sebagai polisi sekolah yang memiliki mata-mata dan  perlu ditakuti.

Menyadari akan hal ini kami berupaya untuk  meluruskan persepsi yang kurang tepat di atas dan memberikan pemahaman tentang efektifitas dan program layanan BK di sekolah sejak dari  Masa Orientasi Siswa baru. Kami merasa senang karena di sekolah terdapat alokasi  jam Bimbingan dan Konseling tatap muka di kelas sehingga kami merasa bisa lebih dekat dengan siswa dan berkesempatan menyampaikan materi dan program BK sebagai bekal dan nilai-nilai kehidupan yang dapat dijadikan pegangan hidup mereka. Program tatap muka kami buat dengan tema-tema yang relevan dan kondisional yang kami susun sendiri.  Di tingkat  kelas kami membuat arah program dan konsentrasi berbeda namun tetap mengacu kepada 3 pilar layanan Bimbingan dan konseling yaitu bimbingan karir, bimbingan akademik dan bimbingan pribadi – social.

ARAH DAN PROGRAM

Untuk kelas X dan kelas XI program yang kami konsentrasikan adalah bimbingan   pribadi – social dan bimbingan Akademik. Untuk bimbingan pribadi dan sosial kami maksudkan  guna membantu siswa  dalam menghadapi keadaan batinnya dan mengatasi  berbagai pergumulan dalam dirinya, misalnya mengatur kehidupan pergaulan yang sehat, hidup bersih dan sehat, membangun dan mengembangkan nilai kerohanian, dan bagimana mengatur waktu. Adapun program  dan materi bimbingan pribadi dan social yang kami berikan adalah sebagai berikut:
1.    Membangun sikap dan kebiasaan  dalam beriman serta bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Kuasa.
2.    Membangun  sikap toleransi dan penghargaan akan keragaman dalam kesatuan hidup beragama.
3.    Mengembangkan kebiasaan hidup sehat dan produktif
4.    Mengenal  dan mengembangkan diri sehingga mengerti arah dan tujuan hidup.
5.    Memantapkan arah bakat dan minat yang ditunjang dengan test psikologis.
6.    Pengembangan orientasi diri tentang IQ, SQ, PQ dan TQ.
7.    Pemahaman akan  tata tertib sekolah
8.    Pemahaman akan  kemampuan berkomunikasi dan berhubungan social dimanapun berada
9.    Pemahaman dan penerapan etika sopan santun
10.    Pengendalian diri dan mengontrol emosi
11.    Pemahaman  tentang sex education dan kesehatan reproduksi.
12.    Pengisian instrument non test  yaitu data siswa, autobigrafi, sosiogram, histogram, DCM, dan angket penjurusan.

Untuk bimbingan Akademik yang kami lakukan guna membantu peserta didik menemukan  cara belajar  yang tepat,  memilih program penjurusan  yang cocok, dan dalam  usaha mengatasi masalah yang ditimbulkan karena tuntutan akademis yang diberikan sekolah kepada siswa. Permasalahan akademik menjadi persoalan umum yang sering kami jumpai dan selesaikan. Adapun program dan materi yang kami berikan adalah sebagai berikut:
1.    Pemahaman tentang visi dan misi sekolah RICCI
2.    Pemahaman dan orientasi pada tujuan institusional sekolah
3.    Menjelaskan  konsep belajar  dan bagaimana cara belajar.
4.    Penyadaran akan pentingnya disiplin belajar
5.    Pendalaman materi motivasi berprestasi
6.    Orientasi  belajar untuk persiapan pendidikan tinggi
7.    Bantuan dalam hal  mengatasi masalah belajar
8.    Penjelasan tentang glosari Perguruan Tinggi dan gaya belajar di Perguruan tinggi.
9.    Perencanaan  dalam menghadapi ujian akhir.
10.    Perencanaan untuk menghadapi seleksi masuk Perguruan Tingi Negeri.

Bagi kelas XII program yang kami konsentasikan adalah program bimbingan karir dan program bimbingan Akademik guna mempersiapkan siswa menghadapi ujian-ujian akhir mereka. Bimbingan karir kami maksudkan untuk membantu siswa dalam mempersiapkan dirinya dalam  menghadapi dunia  kampus dan pekerjaan yang akan mereka lakukan sesuai tuntutan dan tantangan profesi.  Adapun materi dan program yang kami berikan adalah sebagai berikut:
1.    Menggali dan memantapkan cita-cita
2.    Penugasan untuk membaca artikel  tentang dunia pekerjaan: syarat dan rekrutmen pegawai. Jenis pekerjaan apa yang sedang diminati pasar.  
3.    Membantu siswa membaca peluang tentang karir di masa yang akan datang.
4.    Membantu dalam pemahaman diri dan kecenderungan karir yang akan dipilih
5.    Pengolahan informasi tentang  tuntutan dan tantangan dunia pekerjaan.
6.    Mengundang Perguruan Tinggi ke sekolah  untuk  memberikan informasi pendidikan Tinggi.
7.    Pemantapan pengambilan keputusan memilih Perguruan Tinggi.
8.    Workshop dan seminar profesi

PENUTUP

Tujuan pendidikan nasional yaitu membantu mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Dan jika digabungkan dengan visi Ricci tujuan pendidikan nasional kita akan menjadi sangat membumi yaitu menjadi manusia Indonesia seutuhnya  agar berjiwa Pancasila, berbudaya, berilmu, berhati dan berbudi luhur berdasarkan cinta kasih.

Pelayanan Bimbingan di sekolah diarahkan kepada seluruh murid dan barangkali juga orangtua dalam kepentingannya. Di sini kami melihat bahwa  seluruh komponen  sekolah khususnya di SMA RICCI II  telah tercipta kerjasama yang baik  dalam memberikan pelayanan  maksimal kepada para murid dan bersama-sama bersinergi untuk mengedepankan keberhasilan peserta didik.  Dan kami merasa senang menjadi bagian  dari salah satu komponen yang dapat berperan membantu kaum muda dalam mengenal diri dan mengerti jati dirinya, perkembangan belajar di sekolah, membantu menentukan cita-cita dan tujuan pada hidup mereka, serta menjadi pendengar yang baik dan teman bagi mereka.

Y. Budiarso
Konselor SMA RICCI II


Tips Memilih Jurusan

 

Kuliah di mana?  Jurusan apa?  Bagaimana prospeknya?

Inilah tipsnya:

 

1. Menyesuaikan Cita-Cita, Minat, dan Bakat

Bagi yang telah memiliki cita-cita tertentu, maka lihatlah jurusan apa yang dapat membawa menuju profesi atau pekerjaan yang diinginkan tersebut. Janganlah memilih jurusan teknik informatika jika kamu ingin menjadi seorang dokter  andrologi dan jangan pula memilih jurusan sastra Jepang jika bercita-cita mau menjadi polisi. Jangan  sampai keliru  memilih jurusan, biasanya mereka yang sudah keliru baru merasa kurang cocok pada semester 3 ke atas, Nah, kalau sudah keliru?!, tentu langkah-langkah bijaksana dan penuh pertimbangan tetap diambil.

 

2. Informasi yang Sempurna

Carilah informasi sebanyak mungkin sebagai bahan pertimbanganmu  untuk memilih jurusan. Cari informasi dari banyak sumber:  dari media cetak, internet, dari  orang tua, saudara, guru, teman, bimbel, tetangga, konsultan pendidikan, kakak kelas, teman mahasiswa, profesional, dan lain sebagainya. Jangan mudah terpengaruh oleh orang lain yang kurang menguasai informasi.

 

3. Lokasi dan Biaya

Bagi  siswa dari keluarga  berekonomi atas, memilih jurusan tidak akan menjadi masalah. Biaya yang nantinya harus ditanggung dapat diselesaikan dengan mudah baik dari pengeluaran studi, biaya hidup, lokasi tempat tinggal, dan lain sebagainya. Bagi masyarakat golongan menengah ke bawah, lokasi dan biaya merupakan masalah yang sangat diperhitungkan. Jika dana yang ada terbatas maka pilihlah lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal atau lokasi luar kota yang memiliki biaya hidup yang rendah. Pilih juga tempat kuliah yang biaya pendidikannya tidak terlalu tinggi. Jika dana yang ada nanti belum mencukupi, maka carilah beasiswa, keringanan, pekerjaan paruh waktu,  freelance atau sponsor untuk mencukupi kebutuhan dana kuliahmu. Jangan jadikan pula uang sebagai faktor yang  menghambat masa depanmu. Bukankah orang yang mau dan mampu bekerja keras layak dapat upahnya ?!

 

4. Daya Tampung Jurusan  dan  Peluang Diterima

Perhatikan daya tampung suatu jurusan di PTN dan PTS favorit yang menjadi keinginan peluangmu. Pada umumnya daya tampung terbatas dan diperebutkan oleh banyak orang.  Coba cari informasi tentang daya tampung di tahun sebelumnya. Jangan memaksakan diri di jurusan  tertentu  yang membuat kamu stress. Ukur kemampuan untuk melihat peluang menempati suatu jurusan di tempat favorit. Adanya seleksi massal yang murni seperti jalur  PMDK, SIMAK, SMNPTN dan lain sebagainya dapat menjegal masa depan studimu jika tidak diperhitungkan matang-matang. Pelajari soal-soal seleksi masuk dan ikuti ujian try out yang diselenggarakan yang biasanya bekerjasama dengan suatu bimbel tertentu. Ini penting sebagai  sarana mengukur kemampuan yang kamu miliki.

 

5. Masa Depan Karir dan Pekerjaan

Lihatlah ke depan setelah kamu lulus nanti. Apakah jurusan yang kamu ambil nanti dapat mengantarmu  untuk mendapatkan pekerjaan dan karir yang baik? Banyak jurusan yang saat ini lulusannya menganggur, tidak bekerja. Hari gini, rekrutmen pegawai tidak melihat seseorang dari latar belakang pendidikan saja, namun juga prasyarat yang mampu berkompetensi,  profesional, kreatif, inovatif, bertanggungjawab, bekerjasama dalam tim, memiliki kemampuan problem solving,  maka jurusan apapun yang kamu ambil sah-sah saja. Biarkanlah hati dan akal sehatmu bicara tanpa adanya campur tangan dari orang lain. Konsultasikan dengan  guru Bimbingan Konseling di sekolahmu yang akan membantu kamu dengan bimbingan karir, orang tua dan orang lain yang kamu percayai. Pemilihan jurusan kuliah tepat dan relevan dengan arah prospek yang bagus serta sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan kamu  akan sangat menentukan masa depanmu. Selamat berjuang!

Y. Budiarso

 

Last Updated ( Monday, 26 April 2010 )
 
Sekilas Info
INFO PENDAFTARAN -

Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun 2014-2015 masih dibuka.

RICCI I - hubungi 021-6392495

RICCI II - hubungi 021-7355891

  •  

 




Get This? Newsflash Scroller PRO for Mambo 4.5.1, © 2004 webraydian.com
Calendar
Visitors Counter
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday366
mod_vvisit_counterYesterday486
mod_vvisit_counterThis week1995
mod_vvisit_counterThis month6251
mod_vvisit_counterAll360774